Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghubungkan Kamera Hp ke Laptop Dengan Droidcam

 Webcam merupakan suatu bagian penting dari sebuah laptop atau komputer untuk mendukung online meeting atau video call. Namun sayangnya, kamera pada laptop umumnya masih berspesifikasi rendah sehingga kurang bagus ketika digunakan. Terlebih lagi laptop kelas menengah ke bawah, kameranya tidak bisa diandalkan. Jangan khawatir, karena ada cara menghubungkan kamera hp ke laptop dengan droidcam. 

Cara menghubungkan kamera hp ke laptop
Photo: riswandiirwan.com
Cara menghubungkan kamera HP ke laptop

Droidcam adalah aplikasi yang berguna untuk menggunakan kamera ponsel sebagai kamera komputer atau laptop. Sehingga, Anda bisa video call dan online meeting dengan gambar lebih jelas. 

Tentu ini sangat menarik, karena tidak perlu mengeluarkan biaya membeli webcam sendiri. Adapun cara menghubungkan kamera hp ke laptop dengan droidcam bisa disimak berikut. 

Apa itu Webcam Pada Laptop? 

Webcam adalah kamera kecil yang dipasang di bagian atas laptop dan komputer. Fungsi dari webcam adalah mengambil gambar dan merekam video, sekaligus memudahkan pengguna ketika melakukan video call atau semacamnya. 

Harga webcam dimulai dari Rp.50 ribuan sampai jutaan, tergantung model dan merek yang dipilih. Webcam dibutuhkan sebagai perangkat tambahan agar kualitas gambar yang diambil dari laptop lebih baik. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamera pada laptop umumnya berkualitas rendah dan hasil gambar kurang jelas. 

Cara Menghubungkan Kamera Hp ke Laptop dengan Droidcam

Kamera hp sekarang ini sudah banyak yang bagus dan menghasilkan gambar tidak kalah dari kamera DSLR. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkannya sebagai kamera laptop daripada harus membeli webcam. Ini adalah solusi yang lebih hemat untuk mendapatkan kualitas gambar yang bagus. 

Dari sekian banyak aplikasi yang berguna untuk menghubungkan kamera hp dan laptop, Droidcam adalah yang paling populer. Droidcam kompatibel dengan OS Windows dan Linux pada PC. 

Di hp android, pengguna bisa mengunduhnya secara gratis dan berukuran 9MB saja. Cara menghubungkan kamera hp ke laptop dengan Droidcam sebagai berikut:

  1. Pasangkan aplikasi Droidcam di hp dan laptop Anda, kemudian install.
  2. Sebelum menggunakan Droidcam, Anda perlu mengaktifkan USB Debugging di hp terlebih dahulu. 
  3. Jika USB Debugging sudah diaktifkan, sekarang gunakan kabel USB untuk menghubungkan hp dan laptop. 
  4. Setelah terhubung, buka Droidcam di laptop Anda dan pilih Droidcam Client. Klik ikon USB, lalu Start. 
  5. Hp Anda secara otomatis menjadi webcam laptop. 
  6. Selesai.

Selain menghubungkan hp ke laptop dengan kabel USB, Anda juga bisa memanfaatkan WiFi. Syarat utamanya adalah kedua perangkat terhubung ke satu WiFi yang sama. 

FAQ Aplikasi Droidcam

Apakah Droidcam bisa menggunakan kamera depan? 

Jawabannya, Bisa. Aplikasi Droidcam mendukung penggunaan kamera depan dan kamera belakang hp. Anda tinggal menyesuaikan sendiri mana yang lebih nyaman digunakan. 

Jika kamera depan hp masih kurang bagus, maka bisa menggunakan kamera belakang saja. Namun, kamera depan membuat Anda lebih nyaman ketika video call, mengambil gambar dan sebagainya. 

DroidCam Client untuk Apa?

DroidCam Client adalah nama aplikasi Droidcam untuk perangkat Windows, baik itu laptop ataupun komputer. Pengguna perlu menginstall di PC mereka agar bisa menghubungkan dengan kamera hp. 

Setelah kamera hp terhubung ke laptop, Anda bisa menggunakannya untuk melakukan Zoom, Skype dan lain sebagainya. 

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai cara menghubungkan kamera hp ke laptop dengan droidcam. Bagaimana, cukup mudah bukan untuk melakukannya? 

Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi ketika ingin video call dan meeting online, meskipun kamera laptop jelek. Karena sudah ada solusi yaitu menggunakan kamera hp yang jauh lebih baik dan gambarnya bening. 

Selain Droidcam, masih ada banyak aplikasi serupa yang bisa Anda gunakan untuk menghubungkan hp dan PC. Seperti aplikasi Smartcam Webcam dan IP Webcam. 

Baca juga:  Cara mengembalikan foto yang terhapus


Post a Comment for "Cara Menghubungkan Kamera Hp ke Laptop Dengan Droidcam"