Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Ide Bisnis Untuk Anak Penggangguran Yang Bisa Menjadi Ladang Cuan

Pengangguran memiliki kelebihan berupa waktu luang yang sangat banyak. Tidak ada rutinitas yang perlu dilakukan, sehingga bisa dimanfaatkan untuk banyak kegiatan produktif sebenarnya. Jika Anda sekarang belum keterima kerja dimana pun dan masih menganggur, sebaiknya jangan putus asa. Ada beraneka macam ide bisnis untuk anak pengangguran yang bisa Anda coba.

5 Ide Bisnis Untuk Anak Penggangguran Yang Bisa Menjadi Ladang Cuan
5 ide bisnis untuk pengangguran
Foto: riswandiirwan.com

Jika dahulu pengangguran hanya mengandalkan panggilan diterima di tempat kerja, maka pengangguran sekarang bisa menciptakan peluang sendiri. Cukup memanfaatkan laptop dan koneksi internet, ada banyak bidang yang bisa ditekuni dan mulai menghasilkan cuan.

Daripada kebanyakan basa-basi, langsung saja disimak pembahasan selengkapnya tentang ragam ide bisnis untuk anak pengangguran dibawah ini.

Rekomendasi Ide Bisnis Untuk Anak Pengangguran yang Bisa Menghasilkan Cuan

 

1. Menjadi Fotografer

Menjadi fotografer adalah kegiatan produktif yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga menjanjikan. Saat ini, fotografi sangat diminati oleh banyak orang. Apalagi hasil memotret lewat ponsel sudah terlihat sangat bagus.

Berawal dari hobi memotret lewat hp, bagi mereka yang ingin serius menekuni bidang fotografi kemudian membeli kamera DSLR atau mirrorless untuk mengembangkan kemampuannya.

Anda bisa menawarkan jasa foto untuk acara-acara tertentu atau menjual hasil jepretan di website seperti Shutterstock dan sebagainya. Sekarang ada banyak lho website untuk menjual foto online dan bisa menghasilkan bayaran dollar.

2. Jasa Ketik

Bagi Anda mahasiswa atau pelajar yang memiliki laptop dan terbiasa dengan aplikasi Office, maka bisa menawarkan jasa ketik kepada teman. Pastinya ada banyak mahasiswa lain yang membutuhkan bantuan untuk mengetik tugas mereka.

Hasil yang bisa diperoleh lumayan sebagai penghasilan tambahan. Seorang pengangguran sekalipun bisa memanfaatkan waktu luang mereka dengan kegiatan produktif yang menghasilkan cuan.

3. Video Editor

Seiring dengan kepopuleran YouTube, Instagram dan TikTok, mulai bermunculan influencer dengan berbagai macam konten video mereka. Platform tersebut mampu memberikan penghasilan yang sangat menggiurkan, sehingga influencer rutin mengupload konten video andalan mereka masing-masing.

Ditengah-tengah meroketnya konten video, kebutuhan akan editor video sangatlah tinggi. Influencer membutuhkan bantuan editor video agar bisa menghasilkan konten untuk diupload. Selain itu, perusahaan dan pemilik bisnis membutuhkan editor video untuk membuat video promosi.

Sebagai seorang pengangguran, Anda memiliki banyak waktu untuk belajar editing video. Manfaatkan laptop atau bahkan ponsel, sekaligus aplikasi editing video untuk mulai menciptakan karya.

Di situs freelance seperti Fiver dan Sribulancer, jasa editing video banyak dibutuhkan lho. Mulailah membuat portofolio dan tawarkan layanan Anda kepada orang lain.

4. Copywritter 

Copywritter adalah penulis untuk mempromosikan suatu produk dan layanan. Tidak seperti jasa ketik yang hanya melihat contoh, kali ini Anda harus menggunakan skill untuk menghasilkan tulisan yang bisa menarik minat membeli calon konsumen.

Menjadi copywritter tentu bukan hal mudah dan bisa dilakukan secara instan, namun membutuhkan waktu panjang. Anda bisa memanfaatkan waktu luang selama menganggur untuk mempelajarinya dan terus praktek membuat copywritting.

Jangan khawatir, usaha Anda bakal terbayar sepadan. Jasa ini bisa memberikan imbalan yang cukup besar dan menjanjikan.

5. Ternak Nila

Tidak harus mengasah skill di dunia digital, Anda juga bisa memanfaatkan waktu luang untuk ternak ikan nila. Usaha ini membutuhkan modal untuk membuat kolam, membeli pakan dan membeli bibit nila. Namun, jauh lebih mudah dibandingkan belajar editing video, copywritting dan fotografi.

Anda bisa memulai ternak nila dengan memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah. Anda juga bisa lho belajar skill di dunia digital sembari ternak nila, karena memang sangat santai.

Cukup sampai disini dahulu pembahasan kali ini tentang lima ide bisnis untuk anak pengangguran yang bisa menjadi ladang cuan. Intinya adalah jangan buang waktu luang Anda tanpa belajar apapun, karena sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mengasah skill dan mulai menawarkan jasa kepada orang lain. Terlebih lagi sekarang semakin dimudahkan dengan kehadiran internet.

 

 

 

Post a Comment for "5 Ide Bisnis Untuk Anak Penggangguran Yang Bisa Menjadi Ladang Cuan "