Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 ide bisnis di perkampungan

 Tempat Tinggal di perkampungan bukanlah halangan untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses. Untuk sekarang ini, menjalankan atau membuka bisnis di perkampungan sudah menjadi hal wajar. Setidaknya ada 10 ide bisnis di perkampungan yang paling potensial untuk dijalankan dengan modal minim.

Ide bisnis
Ide bisnis terbaru

Sesunggunya banyak sekali ide bisnis yang bisa dikembangkan. Namun salah satu diantara semuanya, ada 10 yang paling pas untuk dijalankan di perkampungan dan pengembangannya jauh lebih baik. Oleh karenanya, pada artikel ini akan dijelaskan 10 ide tersebut.

Agar proses pemahamannya lebih mudah, maka setiap ide bisnis akan dijelaskan satu per satu secara menyeluruh. Baik itu dari sisi potensinya, keuntungan membukanya, hingga tips untuk melakukannya. Segala informasi ini tentunya sangat penting untuk dipahami.

Setiap informasi yang akan diberikan tentunya harus dipahami dengan baik agar proses pemilihan bisnisnya bisa tepat. Penasaran dengan segala informasi yang menarik tersebut? Untuk mengetahui detailnya, simak daftar bisnis berikut ini:

1. Bisnis Agen Pegadaian

10 ide bisnis di perkampungan
Ide bisnis pegadaian di perkampungan
Foto: pixabay + editor riswandiirwan.com

Bisnis pertama yang masuk jajaran rekomendasi adalah bisnis agen pegadaian. Diantara 10 ide bisnis di perkampungan yang akan diberikan, bisnis yang satu ini termasuk paling potensial. Selain itu, peluangnya juga sangat besar.

Bahkan usaha pegadaian juga sangat populer di Indonesia. Banyak yang telah memanfaatkannya untuk dapatkan uang dengan cepat. Jadi tidak heran jika pengguna jasa ini juga banyak dari berbagai wilayah.

Ada beberapa alasan pemilihan yang harus disoroti dari bisnis yang satu ini. Setidaknya ada lima alasan utama yang bisa dijadikan acuan sehingga bisnis ini pas untuk dipilih. Berikut lima alasan tersebut:

      Tidak memerlukan modal besar karena akan disediakan oleh lembaga pegadaian yang dipilih. Seorang agen hanya perlu menyediakan tempat untuk transaksi saja.

Permintaan di desa tinggi karena masyarakat menganggap proses gadai lebih praktis daripada meminjam uang di bank.

● Ada dukungan dan pelatihan yang diberikan lembaga pegadaian sehingga bisnis bisa dijalankan dengan baik.

 Keuntungan yang diperoleh banyak dan sumbernya dari biaya administrasi serta margin bunga.

      Potensi pengembangan bisnis lain sangat banyak. Mulai dari jasa peminjaman uang, sampai penjualan aksesoris perhiasan.

Jika dilihat dari alasan-alasan tersebut, maka sudah bisa disimpulkan bahwa bisnis ini memang sangat potensial. Proses menjalankannya juga tidak terlalu sulit karena akan ada bantuan dari pihak lembaga pegadaian yang dipilih.

2. Bisnis Bimbingan Belajar

Ide bisnis bimbingan belajar
Ide bisnis bimbingan belajar
Photo: riswandiirwan.com

Membuka bimbingan belajar juga masuk dalam jajaran 10 ide bisnis di perkampungan yang paling menguntungkan. Masyarakat desa biasanya memiliki akses minim ke lembaga bimbingan belajar di kota karena lokasinya jauh.

Dengan dasar lokasi yang jauh tersebut, maka akan lebih baik membuka lembaga bimbingan sendiri di wilayah desa setempat. Jenis lembaga bimbingan belajar yang bisa dipilih sangat luas. Sesuaikan saja dengan kebutuhan yang ada di desa.

Apabila di desa banyak anak-anak, maka sediakan lembaga belajar untuk menunjang pelajaran di sekolah. Atau jika di desa memerlukan pengembangan masyarakat dalam berwirausaha, buka saja lembaga belajar untuk masyarakat umum sesuai potensinya.

Bisnis semacam ini tidak akan disepelekan karena akan sangat membantu banyak masyarakat. Modalnya juga tidak terlalu besar dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Meski demikian, diperlukan pertimbangan matang untuk melakukannya.

Proses pengembangan bisnis bimbingan belajar di desa juga termasuk mudah. Kalau dirasa mengembangkan usaha sendiri sulit, maka kumpulkan tenaga pengajar lain yang bisa membantu prosesnya. Dengan demikian, bisnis bisa terus berjalan.

3. Bisnis Makanan

Ide bisnis diperkampungan makanan
Ide bisnis makanan

Jika memiliki skill dalam pengolahan makanan, maka bisnis makanan di kampung juga bisa dijadikan pilihan. Pengolahan makanan masuk dalam daftar 10 ide bisnis di perkampungan yang jenisnya sangat luas dan beragam.

Bisnis makanan ini bisa difokuskan untuk pengolahan makanan yang tahan lama. Misal keripik, kue kering, atau makanan lain yang bisa dijual dalam waktu yang lama. Bisnis seperti ini memiliki peluang besar karena area pemasangannya luas.

Namun jika tidak memiliki skill pengolahan besar, maka bisnis kue tradisional juga bisa dijadikan pilihan. Masyarakat desa umumnya menyukai kue-kue tradisional untuk dikonsumsi sehari-hari. Agar usaha berkembang, maka buka saja layanan pemesanan untuk berbagai acara.

Pilihan bisnis makanan lain yang menarik adalah membuka warung makan. Biasanya, masyarakat desa yang bekerja di area persawahan akan membutuhkan warung makan untuk menyediakan pasokan makanan.

Bukan berarti masyarakat desa selalu memasak sendiri. Ada banyak masyarakat desa yang memerlukan warung makan untuk menyediakan makanan bagi pekerjanya. Oleh karenanya, bisnis seperti ini diperlukan.

Apabila sudah memilih dan memutuskan untuk melakukan bisnis makanan, maka pastikan memperkuat cita rasa agar tidak kalah saing dengan yang lainnya. Selain itu, aspek pemasaran, kebersihan, harga jual, dan yang lainnya juga harus diperhatikan.

4. Bisnis Penginapan

Ide bisnis di perkampungan penginapan
Bisnis penginapan

Untuk calon pebisnis yang tinggal di kampung dengan potensi wisata besar, maka jangan sampai melewatkan bisnis penginapan. Bisnis ini termasuk berpeluang besar mengikuti potensi kampung yang sudah ada.

Proses membukanya sendiri sangat mudah, hanya perlu menyediakan rumah siap huni untuk masyarakat. Konsepnya bisa disesuaikan dengan kemampuan. Bisa membuka layanan sewa kamar, atau untuk satu rumah sekaligus.

Meski penginapan rumahan ini tidak memiliki fasilitas lengkap layaknya hotel, namun kemungkinan untuk didatangi wisatawan tetap besar. Justru biasanya wisatawan akan suka dengan layanan penginapan dengan harga yang murah.

Agar bisa bersaing dengan yang lainnya, sediakan saja layanan WiFi, televisi, perlengkapan mandi, air minum, dan jenis lain yang umum. Kemudian untuk harganya juga harus disesuaikan dengan harga pasar agar tidak rugi.

Modal membuka bisnis ini tidak terlalu besar sehingga tidak akan memberatkan. Apalagi jika rumah yang akan dijadikan penginapan sudah milik pribadi, maka modalnya hanya untuk menyediakan fasilitas penunjangnya saja.

Karena bisnis ini sangat potensial, maka tidak heran membuka penginapan jika masuk dalam 10 ide bisnis di perkampungan yang wajib dipertimbangkan. Calon pebisnis yang ada di kawasan wisata harus menelaah bisnis ini dengan baik.

5. Bisnis Peternakan

Ide bisnis peternakan dikampumg
Ide bisnis peternakan dikampung 


Pilihan kelima dari 10 ide bisnis di perkampungan adalah membuka peternakan. Bisnis peternakan ini pilihannya banyak dan sangat luas. Ada peternakan ayam, sapi, kambing, ikan, dan jenis hewan ternak lainnya.

Jika memiliki modal yang lumayan banyak, maka bisnis semacam ini akan sangat pas untuk dibuka dan dijalankan. Hal ini dikarenakan peluangnya sangat besar dan keuntungan yang didapat tidak akan sedikit.

Apalagi di wilayah kampung memiliki kawasan yang masih luas serta tidak padat penduduk. Jadi untuk membuka bisnis, akan lebih mudah serta tidak mengganggu masyarakat. Oleh karenanya bisnis ini akan sangat pas di kampung.

Namun untuk menjalankan bisnis peternakan, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Bisnis ini tidak bisa dijalankan hanya dengan niat saja. Tapi pertimbangan dan perencanaan matang diperlukan agar bisnis tidak mengalami kerugian.

Prosesnya sendiri bisa dimulai dari riset mendalam tentang pemilihan hewan ternak. Tidak semua hewan ternak cocok di berbagai wilayah. Oleh karenanya, pemilihan tepat harus dilakukan agar jenisnya bisa didapat yang terbaik.

Kemudian proses ini bisa diikuti dengan perencanaan tempat huni hewan ternak, pemilihan pasokan makanan, aspek perawatan, serta bagaimana penjualannya. Jika semua hal sudah diperkirakan dengan baik, maka bisnis bisa segera dimulai.

6. Bisnis Pulsa, Token Listrik, dan Kuota Internet

Ide bisnis vocher
Ide bisnis voucher,  token listrik dan kuota internet

Rekomendasi bisnis lain yang bisa dijalankan adalah berjualan pulsa, token listrik, serta kuota internet. Bisnis seperti ini juga tidak memerlukan modal terlalu banyak. Alokasi modalnya hanya untuk membeli saldo pulsa dan yang lainnya.

Sedangkan tempat untuk berjualan bisa dilakukan di rumah sendiri. Penggunaan rumah pribadi untuk berjualan bisa menghemat modal yang diperlukan. Selain itu, penggunaan rumah pribadi tidak akan merugikan proses pemasarannya.

Kebanyakan area kampung memang tidak ramai dan cenderung sepi. Oleh karenanya, tidak akan terlalu berpengaruh meski pindah ke tempat lain untuk berjualan. Justru jika menyewa tempat lain, modalnya akan banyak dan lebih merugikan.

Potensi bisnis ini termasuk yang paling besar mengingat kebutuhan pulsa, token listrik, dan kuota internet sangat banyak di wilayah manapun. Jika membuka bisnis ini, maka dijamin tidak akan sepi pembeli.

Tips utama yang perlu dipertimbangkan saat membuka bisnis ini adalah dari segi layanan. Pastikan untuk menyediakan pilihan kuota internet yang banyak sehingga pembeli bisa melakukan pemilihan dengan mudah.

Karena potensinya besar dan proses membukanya mudah, maka tidak heran jika berjualan pulsa dan lainnya masuk dalam jajaran 10 ide bisnis di perkampungan paling menguntungkan. Dengan demikian, bisnis ini bisa dijadikan bahan pertimbangan.

7. Bisnis Sewa Alat Pertanian

10 ide bisnis
10 ide bisnis

Pilihan lain yang masuk dalam kategori 10 ide bisnis di perkampungan paling menarik adalah jasa sewa alat pertanian. Jika tinggal di area perkampungan dengan kawasan pertanian yang luas, maka bisnis ini akan sangat menjanjikan.

Saat ini alat pertanian sudah beragam dengan berbagai fungsinya. Meski kehadirannya sudah banyak, namun tidak semua petani bisa memilikinya. Alasannya adalah harganya yang mahal dan penggunaannya yang tidak setiap hari.

Oleh karenanya, menyewa alat pertanian kerap dijadikan solusi terbaik. Mengingat kebutuhan ini, maka jasa sewa alat pertanian menjadi golongan yang dibutuhkan. Jadi usaha ini tidak akan sepi peminat asal lahan pertanian di sekitar luas.

Untuk membuka bisnis ini, maka prosesnya bisa dimulai dengan melakukan riset mendasar. Pastikan untuk mengetahui jenis alat pertanian apa yang sering dibutuhkan oleh petani. Kemudian pelajari juga alat pertanian baru yang potensinya besar.

Setelah paham dengan alat-alatnya, maka lakukan pembelian. Untuk melakukan pembelian alat ini, tentu diperlukan modal yang besar. Selain itu, pastikan juga untuk mempelajari semua jenis alatnya agar proses pengenalan kepada petani lebih mudah.

Sedangkan untuk proses pembukaan bisnisnya, harus dipertimbangkan dengan matang. Layanan yang diberikan harus diperinci dengan jelas. Mulai dari harga sewa, waktu sewa, serta bagaimana resiko kerusakannya secara baik.

8. Bisnis SPBU Mini


Ide bisnis spbu
Ide bisnis spbu mini

Area perkampungan biasanya akan jauh dari SPBU besar. Hal ini membuat masyarakat desa sering melakukan pembelian bahan bakar kendaraan eceran yang dijual oleh beberapa orang. Kondisi seperti ini bisa dijadikan peluang tersendiri.

Salah satu peluang yang pas untuk dijalankan adalah membuka SPBU mini di wilayah desa. Bisnis seperti ini akan sangat menarik perhatian masyarakat karena sistem pembeliannya akan sesuai dengan SPBU besar di area kota.

Jadi masyarakat yang kurang suka dengan sistem beli eceran per liter akan beralih ke SPBU mini yang sudah dibuka. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan dan proses pengembangannya akan sangat mudah.

Namun untuk membuka bisnis ini diperlukan banyak pertimbangan. Bahan bakar kendaraan bukanlah barang yang bisa dijual tanpa persiapan. Alasannya adalah bahannya bisa membahayakan jika tidak ditempatkan dengan baik.

Oleh karenanya, sebelum membuka bisnis SPBU mini diperlukan proses belajar yang mendalam. Baik dari segi penempatan SPBU, alat-alatnya, serta apa saja yang bisa berbahaya. Semua aspek ini harus dipertimbangkan dengan matang.

Apabila semuanya sudah siap, maka bisnis bisa segera dibuka dengan perimbangan harga jual yang sesuai. Upayakan untuk tidak memberikan harga terlalu mahal karena pembeli akan takut, namun jangan terlalu murah karena bisa rugi.

9. Bisnis Warnet, Fotocopy, dan Rental Playstation

Ide bisnis warung internet, photo copy
Bisnis warnet, fotocopy dan rental playstation

Opsi kesembilan yang juga masuk jajaran 10 ide bisnis di perkampungan adalah membuka warnet, fotocopy, serta rental playstation. Tiga bisnis ini bisa digabungkan menjadi satu karena saling berkaitan satu dengan yang lainnya.

Untuk menjalankan bisnis ini, maka diperlukan modal yang cukup besar. Alokasi modalnya adalah untuk membeli PC warnet, mesin fotocopy, dan PC untuk bermain game. Meski modalnya besar, namun keuntungannya juga tidak sedikit.

Bisnis semacam ini akan sangat dibutuhkan di wilayah desa. Apalagi banyak masyarakat desa yang kesulitan memiliki PC dan mesin fotocopy, maka bisnis ini akan sangat dibutuhkan. Jadi tidak ada salahnya untuk membuka bisnis ini.

Agar bisnis bisa berjalan dengan lebih baik, maka diperlukan pemahaman tentang perawatan semua alat elektronik dengan baik. Apabila perawatannya baik, maka bisa dipastikan semua alat yang ada akan awet dan bisa tahan lama.

Tips lain yang diperlukan adalah penentuan harga jual. Untuk layanan fotocopy, tentu harganya bisa disesuaikan untuk per lembar. Namun harga warnet serta rental playstation bisa diberikan dengan pilihan yang beragam.

Beri pilihan paket rental yang banyak mulai dari murah sampai ke pilihan yang mahal. Apabila pilihannya banyak, maka pengguna jasa akan mudah melakukan proses pemilihan. Oleh karenanya, hal ini harus diperhatikan dengan baik.

10. Usaha Toko Kelontong

Toko kelontong
Usaha Toko kelontong

Bisnis terakhir yang direkomendasikan adalah membuka toko kelontong. Masyarakat desa yang jauh dari area pasar pasti akan membutuhkan toko kelontong sebagai tempat pemenuhan kebutuhan harian. Jadi bisa dipastikan usaha ini akan sangat menjanjikan.

Agar bisnis bisa berkembang, maka sediakan pilihan barang jualan yang lengkap. Semakin lengkap, maka pembelinya akan semakin puas dan tidak akan pindah ke tempat lain. Harga jualnya juga harus disesuaikan agar tidak kalah saing.

Untuk bisnis ini, pembukuan yang matang sangat diperlukan. Apabila sistem pembukuannya baik, maka akan diketahui berapa besar laba yang sudah didapat. Hal ini juga bisa memudahkan proses pengembalian modal atau perputaran modalnya kembali.

Itulah 10 ide bisnis di perkampungan yang paling potensial untuk dijalankan. Setiap bisnis yang sudah dipaparkan tentunya memiliki karakteristiknya masing-masing. Jadi jika ingin memilih salah satu, harus dipahami dengan baik setiap informasinya.

Oleh karenanya, semua informasi yang sudah dipaparkan tersebut harus dipahami dengan baik tanpa ada bagian yang terlewat. Mulai dari peluang, tips, hingga potensinya wajib dipelajari. Dengan demikian, proses menemukan bisnis yang tepat akan mudah.

 

Post a Comment for "10 ide bisnis di perkampungan "